Friday, May 27, 2016

Tradisi Minggu Ceria

Tradisi Minggu Ceria
Acara bakar ikan di empang, 22/05/2016. 
Minggu ceria. Sebuah tradisi bagi sebagian besar umat Muslim di Indonesia, yang memanfaatkan liburan akhir pekan pada hari Minggu terakhir sebelum memasuki bulan suci Ramadan.

Kebiasaan ini biasanya digunakan untuk berwisata atau tamasyah dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Tradisi ini sebenarnya dilakukan untuk menikmati makan siang di hari libur terakhir sebelum puasa. Sebab kalau sudah masuk bulan puasa, umat muslim sudah tidak ada lagi kesempatan makan siang bersama.

Dinamakan minggu ceria, mungkin karena pekan itu umat muslim gembira karena segera memasuki bulan suci Ramadan. Ini bisa termasuk salah satu bentuk keceriaan atau kegembiraan menyambut bulan Ramadan.

Sebab Allah sudah menjanjikan, siapa yang bergembira menyambut bulan Ramadan, maka akan diampuni segala dosa-dosanya.

Namun yang perlu direnungi, cara kita meluapkan keceriaan ini, jangan sampai keluar dari syariat yang telah diatur agama. Sebab keceriaan di minggu ceria bisa menjadi pelebur dosa, tapi tak jarang juga menjadi sumber dosa.

Pekan ini, kita sudah mulai memasuki minggu ceria ini. Semoga keceriaan ini bernilai ibadah dan menjadi pelebur kesalahan. Sehingga Ramadan kita temui dengan hati yang suci dan bersih. (***)
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Tradisi Minggu Ceria"

Post a Comment