Tuesday, June 14, 2016

Kalahkan Nafsu Lewat Puasa

Kalahkan Nafsu Lewat Puasa
Catatan Redaksi. 
Saat Rasulullah SAW pulang dari perang badar, sahabat menyebutnya kalau perang badar lah yang perang besar. Namun Rasulullah SAW menganggap jika perang badar tersebut masih terbilang perang kecil.

Para sahabat pun heran dan bertanya, apakah masih akan ada perang yang lebih besar dan berat dari perang badar ini? Lalu Rasulullah menjawab, perang yang paling berat adalah perang melawan hawa nafsu.

"Kita baru kembali dari satu peperangan yang kecil untuk memasuki peperangan yang lebih besar. Sahabat terkejut dan bertanya, "Peperangan apakah itu wahai Rasulullah? Baginda menjawab, Peperangan melawan hawa nafsu." (Riwayat Al Baihaqi)

Dalam sebuah hikayat diceritakan, makhluk bernama nafsu tak terkalahkan. Nafsu saat diuji, ia dipukul baja sampai remuk. Namun saat itu nafsu kembali bangkit. Ia kemudian direndam ke dalam bejana berisi minyak mendidik, namun nafsu tetap bertahan.

Nafsu kemudian dipanggal dalam api berkobar selama bertahun-tahun, namun tetap bertahan dan kembali bangkit untuk melawan. Sang nafsu kemudian dikurung dan tak diberi makan dan minum. Saat itulah, nafsu mengalah dan tak mampu lagi melawan.

Nafsu ternyata tidak berdaya dengan rasa lapar. Ia baru akan tunduk dan patuh setelah lapar. Untuk itu, Tuhan mewajibkan hambanya untuk berpuasa, karena dengan puasa, nafsu akan tunduk.

Namun demikian, tunduk tidaknya nafsu kita tergantung seberapa kuat kita melawan godaan yang ada. Semoga tahun ini kita mampu menjadi pemenang dalam memerangi hawa nafsu kita sendiri. Semoga. (***)


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Kalahkan Nafsu Lewat Puasa"

Post a Comment